Senin, 02 Desember 2013

Apa Saja Yang Kerap Menimpa Aki?


Apa Saja Yang Kerap Menimpa Aki?

Umur pakai aki mobil terasa pendek? Jangan buru-buru ngambek or menuduh aki enggak beres. Coba telisik lagi perlakuan Anda terhadap aki atau jalur kelistrikan yang ada. Bisa saja umur pendek aki justru akibat kelalaian sendiri.
Umur pakai aki mobil terasa pendek? Jangan buru-buru ngambek or menuduh aki enggak beres. Coba telisik lagi perlakuan Anda terhadap aki atau jalur kelistrikan yang ada. Bisa saja umur pendek aki justru akibat kelalaian sendiri.
  1. Badan aki dibiarkan kotor berdebu. Memang tak ada salahnya, hanya mengganggu penampilan. Tapi karena kotor, kita jadi sulit melihat kondisi air aki dari luar. Jangan-jangan sudah berada di bawah lower level tapi tak terpantau.
  2. Pengisian tak cukup. Akibat fungsi alternator yang menyuplai listrik ke aki tak bekerja maksimal. Jadi ketika mobil dihidupkan, arus listrik tak cukup. Selain itu bisa akibat kabel terminal aki yang kotor atau kendor.
  3. Air aki mendidih ketika kendaraan dipakai dalam jangka waktu lama. Hal ini akibat aki kelebihan arus listrik. Bisa terjadi karena voltage regulator, atau lebih tenar dengan sebutan IC Regulator dalam alternator sudah rusak. Sehingga tetap memasok arus listrik ke aki walau di aki sudah penuh. Efek ini kadang dibarengi badan aki menggelembung.
  4. Mesin tak mau start setelah didiamkan selama paling tidak 2 hari. Ini akibat kelalaian pemilik mobil malas melihat ketinggian air aki. Atau bisa juga berat jenis air aki sudah berkurang akibat self discharge.
  5. Sulit start di pagi hari. Biasanya karena pemilik mobil hobi memasang perangkat aksesori yang berkaitan dengan listrik. Bisa head unit, power amplifier, speaker seabrek-abrek, sampai meningkatkan daya lampu jauh di atas normal tanpa meningkatkan kapasitas altenator dan aki.
  6. Badan aki memiliki suhu sangat panas. Coba tengok sekitar ruang mesin. Apakah mesin mobil sudah di modifikasi ekstrem? Modifikasi ekstrem dan dipakai harian akan meningkatkan suhu ruang mesin.
  7. Tiba-tiba tidak bisa start. Kejadian paling menyebalkan. Coba cek kepala aki. Biasanya hanya kendor atau kotor. Longgarkan baut ikatannya, lalu kencangkan kembali sampai kepala kabel tak bisa bergerak lagi.
  8. Tidak bisa start. Ingat-ingat kapan terakhir beli aki. Biasanya kalau lewat dari 1,5 tahun, memang sudah waktunya ganti.  Paling enak, ketika beli aki baru, tulis tanggal pembelian di badan aki pakai spidol yang tak bisa dihapus.
  9. Cairan aki kurang baik.Begitu banyak air aki botol biru yang beredar. Mulai hypermarket, SPBU sampai bengkel kecil biasanya ada. Biar aman, beli di SPBU, bengkel besar atau toko yang menjual aki.
  10. Jangan menguras cairan elektrolit atau accu zuur jika aki sudah mulai lemah. Cukup setrum ulang saja, aki greng lagi.
  11.  
  12. Sumber http://www.aki.gs-astra.com/Tips/apa-saja-yang-kerap-menimpa-aki
     
    PUSAT PENJUALAN ACCU ASTRA BERGARANSI,
    JUGA MELAYANI SERVICE DYNAMO MOBIL, SERVICE RADIATOR DAN STROOM ACCU
    Jalan Cipayung No. 8. persis depan pom bensin Cipayung, Kel.Cipayung, Kec. Cipayung, Jakarta Timur.

    Kami menjual (Grosir&Eceran) berbagai macam Merk&Type aki mobil & motor merk GS Astra Otoparts Orisinil (GS Premium, GS Hybrid dan GS Maintenance Free), INCOE Premium Astra Otoparts dan YUASA.
    Untuk pembelian secara grosir silahkan anda datang ke toko kami.


     BAROKAH ACCU TELAH MENERIMA PIAGAM PENGHARGAAN DARI PT ASTRA OTOPARTS TBK

    Untuk pembelian eceran, inilah sebagian harga kami (per 1 Februari 2014):
    GS Premium dan GS Hybrid
    NS 40           : Rp 535.000,-
    NS 40Z         : Rp 570.000,-
    NS 60           : Rp 625.000,-
    NS60L/S/LS : Rp 625.000,-
    N50Z            : Rp 770.000,-
    NS70            : Rp 840.000,-

    GS MAINTENANCE FREE
    NS 40            : Rp 660.000
    NS 40Z         : Rp 705.000,-
    NS 60           : Rp 765.000,-
    NS60L/S/LS : Rp 765.000,-
    N50Z            : Rp 950.000,-
    NS70            : Rp 1.035.000,-
    55D23L        : Rp 915.000,-

    Aki bekas anda kami beli dengan harga tinggi (Tukar Tambah):
    NS 40              : Rp 40.000,-
    NS 40Z           :  Rp 50.000,-
    NS 60/L/S/LS :  Rp 60.000,-
    N 50Z             :  Rp 90.000,-
    NS 70             :  Rp 100.000,-
    N70Z              :  Rp 120.000,-
    N100              :   Rp 150.000,-
    Contoh Tukar tambah GS HYBRID Type NS 40 > Rp535.000 – Rp40.000 = Rp495.000, jadi cuma nambah Rp495.000.

    Untuk info harga Accu lebih lengkap hubungi
    PUDIN 0878 7762 7018 (WhatsApp, Kakao Talk/YD4777434)
    PIN BBM 74155E63

    Untuk Service Dynamo hubungi Husein 0821-2402-9685 atau Solihin 0853-1953-5009
    Untuk Service Radiator hubungi Jamal 0852-8971-6310 atau Darus 0821-2524-4465
    Alamat : Jalan Cipayung No. 8. persis depan pom bensin Cipayung, Kel.Cipayung, Kec. Cipayung, Jakarta Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar